Text
Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Sub Materi Kingdom Animalia: (studi penelitian mixed methods sequential exploratory pada peserta didik sma negri 1 gunungputri
ARRUM NURJANAH. 036114005. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam
Pembelajaran Biologi Sub Materi Kingdom Animalia. Skripsi. Universitas
Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dra. R. Teti Rostikawati, M.Si dan
Munarti, M. Si.
Penelitian ini merupakan penelitian mixed method-exploratory. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui hubungan positif antara faktor dominan yang
menyebabkan kesulitan belajar peserta didik (variabel dependen) dengan
pembelajaran biologi pada materi kingdom animalia (variabel independen) dan
faktor lain yang berhubungan erat dengan kesulitan belajar siswa. Penelitian ini
dilaksanakan pada bulan Mei 2018 hingga April 2019. Populasi dalam penelitian
ini adalah peserta didik kelas X IPA di SMAN 1 Gunungputri tahun akademik
2017/2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Random
Sampling, sebanyak 99 peserta didik. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis
dengan menggunakan uji korelasi product moment pearson diperoleh hubungan
yang positif dalam kategori rendah antara kesulitan belajar siswa dengan
pembelajaran biologi sub materi kingdom animalia yang ditunjukkan oleh
koefisien korelasi (r) sebesar 0,051. Berdasarkan hasil wawancara didapatkan
faktor lain yang memiliki hubungan erat yaitu faktor eksternal berupa lingkungan
belajar, sarana dan prasarana, serta faktor internal berupa minat belajar dan
motivasi belajar peserta didik.
2019SB0076.C1 | 76 NUR | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain