Skripsi PGSD
Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa : Studi dengan Pendekatan Penelitian Kausal di Kelas V SDN 2 Cisaat Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020.
Muhammad Raynaldi Adam. 037113024. Pengaruh Disiplin Belajar
Terhadap Prestasi Belajar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Pakuan Bogor, 2020. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa.
Penelitian ini merupakan peneltian kausal. Dilakukan dengan metode
survey dengan pendekatan analisis jalur. Subjek penelitian adalah siswa
SD Negeri 2 Cisaat kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 48 siswa.
Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh disiplin belajar terhadap
prestasi belajar. ditunjukan dengan analisis statistik yang menghasilkan
koefisien jalur (n ̃xy=rxy) sebesar 0,565. Ini menunjukan adanya
pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar, sedangkan koefisien
determinasi (r2
) sebesar 0,3921 atau sebesar 31,92%. Sisanya sebanyak
68,08% ditentukan oleh faktor lain. Rata-rata Prestasi Siswa, sebesar
31,92% ditentukan oleh Disiplin Belajar melalui persamaan regresi Ŷ =
781,9-0,28x , artinya setiap kenaikan unit nilai disiplin belajar akan
menyebabkan kenaikan prestasi siswa. Dari hasil penelitian ini dapat
disimpulkan terdapat pengaruh positif dan sigifikan dari disiplin belajar
terhadap prestasi belajar SD Negeri 2 Cisaat Kecamatan Cicurug
Kabupaten Sukabumi Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020.
2019SPGSD0212.C1 | 212 ADA | Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain