Skripsi PGSD
Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kreativitas Siswa : Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Kausal pada Siswa Kelas V SDN Bojonggede 06 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021
Nurul Afiatus Solihah. 037116115. Pengaruh Kemandirian Belajar
Terhadap Kreativitas Siswa, Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Pakuan Bogor, 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
dengan desain dan model kausal. Tujuan dilakukannya penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap
kreativitas siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-A, V-B, dan
V-C Sekolah Dasar Negeri Bojonggede 06 Kabupaten Bogor Tahun
Pelajaran 2020/2021 berjumlah 100 dengan sampel sebanyak 30
responden. Data Penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner
skala Likeart untuk variabel kemandiran belajar dan variabel kreativitas
siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara kemandirian belajar terhadap kreativitas siswa. Hal ini
berdasarkan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy)
sebesar 0,74 yang berati tingkat pengaruh tergolong kuat dan diperoleh
thitung sebesar 1,098 lebih besar dari ttabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar
6,314 yang berarti signifikan, sedangkan koefisien determinasi sebesar
52%. Hal ini berarti kontribusi variabel Kemandirian Belajar dalam
meningkatkan kreativitas sebesar 52%, melalui persamaan regresi Ŷ =
27,8 + 1,66x. Artinya, ada pengaruh yang positif antara kemandirian
belajar terhadap kreativitas siswa.
2020SPGSD0086.C1 | 86 SOL | Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain