Skripsi Biologi
Perbedaan Hasil Belajar IPA Terhadap Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Think Talk Write (TTW)
DICKY HALIN WIJANA ASHIDIQ 036114078. Perbedaan hasil belajar IPA
terhadap penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dan Think Talk
Write (TTW) . Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah bimbingan Dra.
Triasianingrum A, SU dan Rita Istiana, M.Pd.
Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery
Learning dan Think Talk Write (TTW) terhadap Hasil Belajar IPA materi pokok
yaitu Klasifikasi Mahluk Hidup. Metode penelitian yang digunakan adalah
penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian
Nonequivalent Control Group Design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas
SMPN 1 Rumpin, dengan pengambilan sampel Purposive Sampling. Dipilih dua
kelas sebagai sampel dalam penelitian ini, yaitu kelas VII B sebagai kelas
Eksperimen dengan model Think Talk Write (TTW) dan kelas VII C dengam
model Discovery Learning. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajaar
IPA berbentuk pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban. Teknik analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji –t. Nilai N-gain hasil belajar IPA
diperoleh nilai 62,3 untuk kelas Discovery Learning dan 54,77 untuk kelas Think
Talk Write (TTW Nilai N-gain hasil belajar IPA siswa yang di ajarkan
menggunakan model Discovery Learing lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil
belajar IPA siswa yang dijarkan menggunakan model pembelajaran Think Talk
Write (TTW). Berdasarkan perhitungan uji-t pertest untuk kelas Discovery
Learning dan Think Talk Write (TTW) diperoleh hasil t hitung > t tabel yaitu
3,15 > α 0,05 yang berarti H1 di terima, jadi hasil pengujian hipotesis dapat
disimpulkan bahwa Berdasarkan hasil perhitungan, dapat disimpulkan bahwa
terdapat perbedaan Hasil Belajar IPA siswa yang menggunakan model Discovery
Learning dengan yang menggunakan model pembelajaran Think Talk Write
(TTW). Dan model pembelajaran Discovery Learning lebih baik dari pada model
pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam meningkatkan hasil belajar IPA.
2018SB0038.C1 | 38 ASH | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain