Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi Biologi

Perbedaan Hasil Belajar IPA Terhadap Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Think Talk Write (TTW)

Ashidiq, Dicky Hallin Wijana/036114078 - Nama Orang;

DICKY HALIN WIJANA ASHIDIQ 036114078. Perbedaan hasil belajar IPA
terhadap penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dan Think Talk
Write (TTW) . Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah bimbingan Dra.
Triasianingrum A, SU dan Rita Istiana, M.Pd.
Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery
Learning dan Think Talk Write (TTW) terhadap Hasil Belajar IPA materi pokok
yaitu Klasifikasi Mahluk Hidup. Metode penelitian yang digunakan adalah
penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian
Nonequivalent Control Group Design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas
SMPN 1 Rumpin, dengan pengambilan sampel Purposive Sampling. Dipilih dua
kelas sebagai sampel dalam penelitian ini, yaitu kelas VII B sebagai kelas
Eksperimen dengan model Think Talk Write (TTW) dan kelas VII C dengam
model Discovery Learning. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajaar
IPA berbentuk pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban. Teknik analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji –t. Nilai N-gain hasil belajar IPA
diperoleh nilai 62,3 untuk kelas Discovery Learning dan 54,77 untuk kelas Think
Talk Write (TTW Nilai N-gain hasil belajar IPA siswa yang di ajarkan
menggunakan model Discovery Learing lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil
belajar IPA siswa yang dijarkan menggunakan model pembelajaran Think Talk
Write (TTW). Berdasarkan perhitungan uji-t pertest untuk kelas Discovery
Learning dan Think Talk Write (TTW) diperoleh hasil t hitung > t tabel yaitu
3,15 > α 0,05 yang berarti H1 di terima, jadi hasil pengujian hipotesis dapat
disimpulkan bahwa Berdasarkan hasil perhitungan, dapat disimpulkan bahwa
terdapat perbedaan Hasil Belajar IPA siswa yang menggunakan model Discovery
Learning dengan yang menggunakan model pembelajaran Think Talk Write
(TTW). Dan model pembelajaran Discovery Learning lebih baik dari pada model
pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam meningkatkan hasil belajar IPA.


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Biologi (RSB) 38 ASH p
2018SB0038.C
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
38 ASH p
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2018
Deskripsi Fisik
xii, 316 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
38 ASH p 2018
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Hasil Belajar IPA
Discovery Learning
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dra. Triasianingrum, SU. dan Rita Istiana, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?