Skripsi PGSD
Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Kekayaan Sumber Energi Di Indonesia: Pendekatan Kuantitatif penelitian eksperimen quasi desain 2 grup pada peserta didik kelas IV SDN Kedap Kabupaten Bogor semester genap tahun pelajaran 2020/2021
Siti Rahmawati: Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan
Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Pada Siwa Kelas VII SMP Negeri
8 Kota Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media gambar untuk
meningkatkan keterampilan menulis teks cerita fantasi pada siswa kelas VII SMP
Negeri 8 Kota Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan
observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 08
Kota Bogor. Sampel penelitian ini adalah kelas VII H sebagai kelas eksperimen
dan kelas VII G sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling.
Hipotesis pertama yaitu penggunaan media gambar dapat meningkatkan
keterampilan menulis teks cerita fantasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kota
Bogor dalam menulis teks cerita fantasi teruji kebenarannya, dibuktikan dengan
diperolehnya data prates pada kelas eksperimen dengan memperoleh nilai rata-rata
kelas, yaitu 58,5 berada pada tingkat penguasaan kurang mampu. Untuk rata-rata
nilai postes kelas eksperimen yaitu, 84,47 berada pada tingkat penguasaan sangat
mampu. Kemudian, dapat dilihat pula dari perhitungan mean diperoleh harga
thitung = 3,02 dan hasil d.b = 66 dengan ttabel taraf t0,99 = 2,39 dan t0,95 = 1,67.
Dengan demikian thitung lebih besar dari pada ttabel yaitu 1,67 < 3,02 > 2,39.
Hipotesis kedua dapat teruji kebenarannya, dibuktikan dengan adanya kendala
siswa dari hasil analisis angket sebanyak 20 siswa (59%) mengalami kendala
menuangkan ide atau pikiran. Kemudian 21 siswa (62%) mengalami kendala
dalam menggunakan EYD. Selanjutnya, 5 siswa (15 %) mengalami kendala
mengunakan media gambar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerita
fantasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kota Bogor, meskipun pada saat
menulis teks cerita fantasi masih mengalami kendala.
Kata kunci: Keterampilan Menulis, teks cerita fantasi, media gambar.
2021SPGSD0067.C1 | 67 RAH p 2021 | Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain