Skripsi Indonesia
Aspek Sosial Dalam Novel Anak R antau Karya Ahmad Fuadi Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA
Erika Dwiyana: Aspek Sosial dalam Novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi
dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor, 2021.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek sosial pada buku novel Anak Rantau
serta implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Metode ini
digunakan untuk menggambarkan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai
aspek sosial. Jenis teknik studi yang yang peneliti gunakan yaitu pengumpulan
kutipan dari novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi. Data yang dianalisis berupa
kutipan-kutipan ditandai yang mengandung aspek sosial. Data berupa kutipan yang
mengandung aspek sosial. Aspek sosial yang dianalisis dalam novel Anak Rantau
karya Ahmad Fuadi, yaitu proses sosial, norma, budaya, dan problematika pembinaan
nilai moral. Keseluruhan temuan data penelitian berjumlah 64 data. Proses sosial
dengan jumlah 11 kutipan memiliki presentase sebanyak 17.1%, norma dengan
jumlah 20 kutipan memiliki presentase sebanyak 31.2%, budaya dengan jumlah 20
kutipan memiliki presentase sebanyak 31.2%, problematika pembinaan nilai moral
dengan jumlah 13 kutipan memiliki presentase sebanyak 20.3%. Di sisi lain, dapat
disimpulkan pula bahwa novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi memliki implikasi
terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Novel Anak Rantau karya Ahmad
Fuadi dapat dijadikan bahan ajar pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Hal itu
terlihat dari banyaknya aspek sosial yang terbagi menjadi proses sosial, norma,
budaya, dan problematika pembinaan nilai moral dalam novel tersebut yang dapat
dikaji untuk pembelajaran siswa
2021SI0007.C1 | 07 YAN | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain