Skripsi PGSD
Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang: Pendekatan penelitian eksperimen quasi pada peserta didik kelas VA dan VC di Sekolah Dasar Negeri Margajaya 1 Kota Bogor semester genap tahun pelajaran 2020/2021
Riska Mulyasari. 037117049. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. Pendekatan yang diambil adalah eksperimen quasi desain dua grup di Sekolah Dasar Negeri Margajaya 1 Kota Bogor. Subyek penelitian ini mencakup peserta didik kelas V A dan V C Sekolah Dasar Negeri Margajaya 1 Kota Bogor yang terdiri dari 62 peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada semester genap 2020/2021. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh hasil belajar Matematika materi Bangun Ruang melalui penerapan model Problem Based Learning pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Margajaya 1 Kota Bogor. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang. Hal ini dapat dilihat dari nilai N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 73, sedangkan kelompok kelas kontrol sebesar 46. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 96,8% sedangkan kelompok kontrol mendapatkan nilai ketuntasan hasil belajar sebesar 77,4%. Serta hasil pengujian hipotesis menunjukan thitung (4,74) > ttabel (2,000) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning memiliki pengaruh yang baik terhadap hasil belajar matematika. Sehingga dapat memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Margajaya 1 Kota Bogor Kecamatan Bogor Barat Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021.
2021SPGSD0061.C1 | 61 MUL | Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain