Skripsi Biologi
Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Readsing And Composition(CIRC) Dan Student Pacilitator And Explaining (SFAE) U8ntuk MeningkatkanHasil Belajar IPA: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VIII-Bdi SMP PGRI 12 Bogor
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action
research). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa
dengan menggunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and
composition (CIRC) dan student facilitator and explaining (SFAE) pada materi
sistem gerak dan sistem pernapasan pada manusia. Penelitian ini dilaksanakan pada
tanggal 09 s/d 29 Oktober 2015 dengan jumlah siswa 36 orang. Proses penelitian
tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat
tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observer/pengamatan dan refleksi. Akhir
dari setiap siklus dilaksanakan tes dengan instrumen yang telah divalidasi dan uji
reliabilitasnya. Penelitian ini melibatkan peneliti, observer dan objek yang diteliti.
Rata-rata nilai hasil belajar kognitif siswa siklus 1 mencapai 71,10 dengan
presentase ketuntasan minimum hanya mencapai 69,44% sedangkan pada siklus 2
rata-rata nilai mencapai 76,89 dengan presentase ketuntasan mencapai 80,56%.
Rata-rata hasil belajar afektif siswa siklus 1 yaitu 70,21 dengan presentase
ketuntasan 72,22% dan pada siklus 2 rata-rata nilai meningkat mencapai 73,67
dengan presentase sebesar 77,78%. Hasil belajar psikomotor siklus 1 rata-rata nilai
hasil belajar siswa mencapai 70,70 dengan presentase hanya mencapai 62,50%,
sedangkan pada siklus 2 rata-rata nilai mencapai 73,83 dengan presentase mencapai
77,78%. Aktivitas on task siswa pada siklus 1 mencapai 69,44%, sedangkan pada
siklus 2 aktivitas on task siswa mengalami peningkatan mencapai 80,03%.
Berdasarkan hasil yang dicapai, penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa
penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition
(CIRC) dan student facilitator and explaining (SFAE) dapat meningkatkan hasil
belajar IPA siswa kelas VIII-B SMP PGRI 12 Bogor.
2021SB0011.C1 | 11 PRI | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain