Skripsi PGSD
Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku : Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Siswa Kelas IV SDN Cimanggis 02 Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022.
Amalia Septian Pandani. 037117075. Pengaruh “Pengaruh Penerapan
Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema 1 Kekayaan
Sumber Energi di Indonesia“. Pendekatan yang diambil adalah
eksperimen quasi desain dua grup di Sekolah Dasar Negeri 2 Cikidang
Kecamatan Cikidang Kabupaten Sukabumi yang terdiri dari 66 Siswa,
penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh “Pengaruh
Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema 1
Kekayaan Sumber Energi di Indonesia. Hal ini terlihat dari N-Gain pada
kelompok kelas eksperimen sebesar 71, sedangkan kelompok kelas
kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 47. Ketuntasan hasil belajar
yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 100% sedangkan pada
kelompok kelas kontrol sebesar 88%. Serta hasil pengujian hipotesis
bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (6,9204) > ttabel (1,9966).
Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif
dan signifikan antara “Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning
Terhadap Hasil Belajar Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di
Indonesia”. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan
pengetahuan baru mengenai penerapan model pembelajaran yang
inovatif dapat meningkatkan hasil belajar
2022SPGSD0112.C1 | 112 AMA | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain