Skripsi PGSD
Pengaruh Reward And Punishment Terhadap Hasil belajar Matematika Bangun Ruang: Pendekatan penelitian kausal pada siswa kelas V SDN Bangka 3 kota Bogor semester genap tahun pelajaran 2020/2021
Silvia Tiarani. 037117014. Pengaruh Reward and Punishment terhadap Hasil
Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. Penelitian kuantitatif pendekatan
kausal dengan metode survei di Sekolah Dasar Negeri Bangka 3 Kota Bogor.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-C dan V-D yang terdiri dari 55
siswa, penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran
2020/2021. Tujuan dari peneilian ini yaitu, untuk mengetahui apakah ada
pengaruh reward and punishment terhadap hasil belajar matematika materi
bangun ruang siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Bangka 3 Kota Bogor.
Teknik pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas, kemudian
dilakukan pengujian homogenitas. Data yang dinyatakan normal dan
homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukkan
terdapat pengaruh reward and punishment terhadap hasil belajar matematika
materi bangun ruang. Teknik analisis regresi korelasi sederhana
menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk
persamaan regresi yaitu: Ŷ = 28,76+0.273 X. Hasil penelitian ini ditunjukkan
dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar
0,97. Sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 94,09%. Jika reward and
punishment diperbaiki maka hasil belajar matematika materi bangun ruang
akan meningkat, berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh yang positif antara reward and punishment
terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang siswa kelas V di
Sekolah Dasar Negeri Bangka 3 Kota Bogor tahun pelajaran 2020/2021
2021SPGSD0058.C1 | 58 TIA | Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain