Skripsi PGSD
Pengaryh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Manusia Dan Benda Di Lingkungannya: Studi kurikulum 2013 dengan pendekatan penelitian eksperimen quasi pad akelas VA dan VB di SDN D uta PPakuan Kota Bogor semester genap tahun pelajaran 2020/2021
Hilda Sovia Marwah. 037117067. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Manusia dan Benda di Lingkungannya. Prenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Manusia dan Benda di Lingkungannya pada kelas V SDN Duta Pakuan Kota Bogor tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian kuantitatif melalui pendekatan Eksperimen Quasi desain dua grup dengan Simple Random Sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputiuji normalitas, uji homogenitas varians, dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Manusia dan Benda di Lingkungannya. Hal ini terlihat dari N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 82, sedangkan kelompok kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 73. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 94% sedangkan pada kelompok kelas kontrol sebesar 77%. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (2,64697) > ttabel (2,00030). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan antara “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Manusia dan Benda di Lingkungannya”. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penerapan model pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan hasil belajar.
2021SPGSD0061 | 61 MAR | Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain