Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi PGSD

Pengaruh Berpikir Kritis Peserta didik Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi: Penelitia kausal di kelas v SDN Ciwalen Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur semester genap tahun pelajaran 2020/2021

Lestari, Ayu/037117086 - Nama Orang;

Ayu Lestari. Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif melalui pendekatan kausalitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi, populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V A dan V B, Sekolah Dasar Negeri Ciwalen Kabupaten Cianjur Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 76 peserta didik. Sampel yang digunakan sebanyak 43 peserta didik, yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Penelitian ini dilakukan uji validitas instrumen variabel berpikir kritis menggunakan rumus Product Moment Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil perhitungan diperoleh thitung > ttabel (α = 0,05) = 4,11 > 2,000 sehingga h0 diterima. Harga koefisien persamaan regresi Ŷ= 35,12 +(0,54X) hal ini berarti bahwa setiap kenaikan satu unit variabel berpikir kritis akan menyebabkan peningkatan keterampilan menulis karangan narasi sebesar 0,54 unit. Kontribusi berpikir kritis terhadap keterampilan menulis karangan narasi ditunjukkan oleh koefesien korelasi (rxy) sebesar 0,54 dengan koefesien determinasi 29,16, hal ini berarti bahwa penaikan atau penurunan keterampilan menulis karangan narasi dipengaruhi oleh tingkat berpikir kritis sebesar 29,16% sedangkan sisanya 70,84% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif berpikir kritis terhadap keterampilan menulis karangan narasi. Hal ini berarti bahwa salah satu faktor dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi adalah dengan meningkatkan berpikir kritis.


Ketersediaan
#
Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) 27 LES
2021SPGDG0027.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
27 LES
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2021
Deskripsi Fisik
xvi,138 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
27 LES p 2021
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Berpikir Kritis
Keterampilan menul;is karangan narasi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Yuyun Elizabeth Patras, M.Pd. dan Rukmini Handayani, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?