Skripsi PGSD
Pengaruh kedisiplinan Belajar Terhadap Kemandirian Peserta Didik: Penelitian kuntitatif melalui pendekatan studi kausal pada kelas V SDN 06 Nagrak Kabupaten Bogor semester ganjil tahun pelajarn 2020/2021
Taro Yamane. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner angket berupa skala likert untuk Kedisiplinan dan kemandirian belajarpeserta didik. Uji validitas instrumen dihitung menggunakan rumus koefisien Product Moment Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil pengujian persyaratan analisis pada uji normalitas menggunakan uji Liliefors menunjukkan hasil Lhitung = 0,092 < Ltabel = 0,126 yang berdistribusi normal. Pada pengujian homogenitas dengan menggunakan uji Fisher, hasilnya menunjukkan Fhitung = 1,22 < Ftabel= 2,407 yang bersifat homogen. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar dengan kemandirian belajar peserta didik . Adanya pengaruh yang fungsional antara kedisiplinan dengan kemandirian belajar peserta didik dinyatakan melalui persamaan regresi Ŷ = 17,51 + 0,570X dengan hasil koefisien determinasi yang menunjukkan bahwa kedisiplinan berkontribusi.Dengan hasil kofisien korelasi sebesar 0,632 yang dikategorikan kuat. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan terdapat hubungan positif kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar 06 Nagrak Semester ganjil tahun ajaran 2020/2021.
2020SPGSD0138.C1 | 138 YUS | Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain