Skripsi PGSD
Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learnig Terhadap hasil Belajar Subtema Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih: Pendekatan penelitian eksperimen kuasi pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Bangka 03 Kota Bogor semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022
Ardi Nata Nugroho, 037117023. Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan hasil belajar subtema Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih melalui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada siswa Kelas VB dan Model Pembelajaran Konvensional pada siswa kelas VA. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Bangka 03 Kota Bogor Kelas VA dan Kelas VB pada bulan Juli sampai Agustus semester gasal tahun pelajaran 2021/2022. Perhitungan N-Gain model Problem Based Learning sebesar 81 dengan kriteria tingi, dan nilai model konvensional sebesar 70 dengan kriteria sedang. Sehingga N-Gain pada kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol dengan model konvensional. Peneliti melakukan uji normalitas dengan uji liliefors kedua sampel berdistribusi normal karena nilai kedua sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas Problem Based Learning didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,139 ≤ 0,161, pada kelompok kelas kontrol didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,058 ≤ 0,161. Kemudian pada uji homogenitas data tersebut bersifat homogen karena Fhitung ≤ F tabel, didapatkan nilai 1,35 ≤ 1,88. Selanjutnya pada uji hipotesis didapatkan thitung sebesar 14,59 lebih besar dari ttabel sebesar 2,00404, Menunjukan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternative) diterima. Berdasarkan penelitian diatas, maka dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pembelajaran kesatu melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Konvensional.
2021SPGSD0044.C1 | 44 NUG | Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain