Skripsi PGSD
Perbedaan Hasil Belajar Matematika Materi Penyajian Data Melaui Model Problem Based Learing Dan Model Discovery Learning: Penelitian kuantitatif melalui pendekatan eksperimen kuasi pada peserta didik kelas V SDN Ciluar 2 Kecamatan Bogor Utara Kota Bogro semester genap tahun pelajaran 2020/2021
Dwi Lestiana, 037117039. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Materi Penyajian Data Melalui Model Problem Based Learning dan Model Discovery Learning. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2021. Pendekatan penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika materi penyajian data melalui model Probelem Based Learning dan Discovery Learning. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Ciluar 2 Kota Bogor Kelas V A dan V B dengan subjek penelitian berjumlah 62 siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai bulan Mei semester genap. Perhitungan N-Gain model Problem Based Learning sebesar 82 dengan kriteria tinggi dan N-Gain model Discovery Learning sebesar 61 dengan kriteria sedang. Sehingga N-Gain pada kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol dengan model Discovery Learning. Peneliti juga melakukan uji normalitas dengan uji liliefors kedua sampel berdistribusi normal karena nilai kedua sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas Problem Based Learning didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,134 ≤ 0,159, pada kelompok kelas Discovery Learning didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,055 ≤ 0,159. Kemudian pada uji homogenitas data tersebut bersifat homogen karena lebih kecil dari X2tabel, didapatkan nilai Fhitung ≤ Ftabel yaitu 1,34 ≤ 1,84. Selanjutnya pada uji hipotesis didapatkan thitung sebesar 5,1 lebih besar dari ttabel sebesar 2,003 menunjukkan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat dinyatakan bahwa model Problem Based Learning dan Discovery Learning memiliki perbedaan terhadap hasil belajar matematika materi penyajian data, dengan kata lain bahwa model Probelem Based Learning lebih efektif dibandingkan model Discovery Learning pada pelajaran matematika materi penyajian data.
2021SPGSD0045.C1 | 45 LES | Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain