Skripsi PGSD
Analisis Keterampilan Berbicara Peserta Didik Speech Delay Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia: Penelitian kualitatif melalui pendekatan studi kasus di kelas VI SD Islam Terpadu Al-Khairiyah Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022
Susilawati, 037117198. Analisis Keterampilan Berbicara Peserta Didik Speech Delay Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berbicara peserta didik speech delay pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VI SDIT AL-Khairiyah Kota Bogor pada semester ganjil 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu seorang anak speech delay. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan tes lisan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen berupa tes lisan dengan bentuk teks cerita dan instrumen berupa panduan pertanyaan wawancara dan panduan observasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik speech delay memiliki keterampilan berbicara yang masih kurang dilihat dari aspek kebahasaan dan aspek nonkebahasaan. Hal ini disebabkan oleh faktor individual peserta didik speech delay yang pendiam dan kurang percaya diri, faktor genetik keluarga yang membuat peserta didik mengalami speech delay, dan faktor lingkungan yang membuat interaksi sosial peserta didik terbatas. Upaya yang diterapkan dalam meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik speech delay yaitu menggunakan media pembelajaran bersifat konkrit berupa gambar, menerapkan metode latihan dengan tanya jawab, dan memberikan motivasi.
2021SPGSD0022.C1 | 22 SUS | Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain