Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi PGSD

Penagruh Literasi Membaca Terhadap Hasil Belajar Subtema Pelestarian Kekakayaan Sumber Daya Alam Di Indonesia

Nurafifah, Erliana Juwita/037117026 - Nama Orang;

Erliana Juwita Nurafifah. 037117026. Pengaruh Literasi Membaca Terhadap Hasil Belajar Subtema Pelestarian Sumber Daya Alam di Indonesia. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode studi kausal pada literasi membaca sebagai variabel bebas dan hasil belajar subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia sebagai variabel terikat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara literasi membaca terhadap hasil belajar subtema pelestarian kekayaan sumber daya alm di Indonesia. Subjek penelitian ini adalah kelas IVA dan IVB Sekolah Dasar Negeri 03 Sukamakmur Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 76 peserta didik dengan sampel 43 responden. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner angket skala likert untuk variabel literasi membaca dan soal tes untuk variabel hasil belajar subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi terdapat pengaruh yang positif antara literasi membaca dan hasil belajar subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia. Hal ini terlihat dari pengujian korelasi sederhana sebesar 0,46 yang dikategorikan sedang, dengan koefisen determinasi 21,16%. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan teknik analisis regresi linear sederhana dengan Ŷ = 26.3+ 0,44(x) yang artinya setiap peningkatan satu unit literasi membaca maka akan meningkat hasil belajar sebesar 0,44 unit. Serta hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung 3,309>ttabel 2,020. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara literasi membaca terhadap hasil belajar subtema pelestarian sumber daya alam di Indonesia pada kelas IV SDN Sukamakmur 03 Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2020/2021.


Ketersediaan
#
Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) 23 NUR
2021SPGSD0023.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
23 NUR
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2021
Deskripsi Fisik
xv, 202 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
23 NUR p 2021
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Hasil Belajar Subtema
Literasi membaca
Pelestarian sumber daya alam di Indonesia
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Sandi Budiana, M.Pd. dan Santa, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?