Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi PGSD

Pengaruh Literasi Terhadap Minat Baca Peserta Didik: Penelitian kuntitatif melalui pendekatan kausal pada kelas IV SDN Kampung Sawah Kota Bogor semester genap tahun pelajaran 2020/2021

Sholihah, Annisa/037117161 - Nama Orang;

Annisa Sholihah. 037117161. Pengaruh Literasi Membaca Terhadap Minat Baca Peserta Didik. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi membaca terhadap minat baca peserta didik. Penelitian ini dilakukan uji validitas instrumen variabel literasi membaca dan minat baca peserta didik menggunakan rumus Product moment pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penetian ini adalah peserta didik kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Kampung Sawah Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 60 peserta didik. Sampel yang digunakan sebanyak 38 peserta didik, yang diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Selanjutnya dilakukan pengambilan data penelitian dan melakukan uji prasyarat analisis menggunakan uji Normalitas, Homogenitas, dan Linearitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh literasi membaca terhadap minat baca peserta didik yang ditunjukan dengan harga koefisien korelasi sebesar 0,96 yang menunjukkan bahwa pengaruh antara variabel sangat kuat. Harga koefisien persamaan regresi Ŷ = 19,07 + 0,85 (x) yang berarti setiap peningkatan satu unit literasi membaca (X) akan meningkatkan minat baca peserta didik (Y) sebesar 0,85 unit. Kontribusi variabel literasi membaca dalam meningkatkan minat baca peserta didik (r2) sebesar 0,9216 dengan koefisien determinasi sebesar 92,16% dan sisanya 7,84% dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh literasi membaca terhadap minat baca peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kampung Sawah Tahun Pelajaran 2020/2021.


Ketersediaan
#
Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) 54 SHO
2021SPGSD0054.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
54 SHO
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2021
Deskripsi Fisik
xv,157hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
54 SHO p 2021
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Minat Baca
Literasi membaca
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Aam Nurjaman, M.Pd. dan Ratih Purnamasari, M. Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?