Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi PGSD

Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Perubahan Lingkungan: Pendekatan penelitian eksperimen kuasi pada peserta didik Kelas V SDN Tegalwaru 03 Kabupaten Bogor Tahun pelajaran 2020/2021

Setiawan, Alan/037117008 - Nama Orang;

Alan Setiawan, 037117008. Pengaruh Penarapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar subtema Perubahan lingkungan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan,2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar subtema Perubahan Lingkungan melalui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada peserta didik Kelas V A dan Model Pembelajaran Konvensional kelas V B. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah SD Negeri Tegalwaru 03 Kabupaten Bogor Kelas V A dan Kelas V B pada bulan April semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Perhitungan N-Gain model Problem Based Learning sebesar 84 dengan kriteria tingi, dan nilai N-Gain model konvensional sebesar 74 dengan kriteria sedang. Sehingga N-Gain pada kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol dengan model Konvensional. Peneliti melakukan uji normalitas dengan uji liliefors. Kedua sampel berdistribusi normal karena nilai kedua sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas Problem Based Learning didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,052 ≤ 0,173, pada kelompok kelas kontrol didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,102 ≤ 0,173. Kemudian pada uji homogenitas data tersebut bersifat homogeny karena Fhitung ≤ F tabel, didapatkan nilai 1,105 ≤ 2,12. Selanjutnya pada uji hipotesis didapatkan thitung sebesar 3,652 lebih besar dari ttabel sebesar 2,02108, Menunjukan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan penelitian diatas, maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar subtema Perubahan Lingkungan melalui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning.


Ketersediaan
#
Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) 50 SET
2021SPGSD0050.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
50 SET
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2021
Deskripsi Fisik
xiv,153 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
50 SET p 2021
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Problem Based Learning
Hasil Belajar
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Elly Sukmanasa, M.Pd. dan Ade Wijaya, M.Psi.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?