Skripsi PGSD
Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Kemandirian Belajar : Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Kausal Pada Kelas IV SD 01 Ciampea Tahun Ajaran 2020/2021.
Joko Santoso 037116131. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Kemandirian Belajar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan. Bogor. 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif pengaruh disiplin belajar terhadap kemandirian belajar. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IVA dan IV B Sekolah Dasar Negeri 01 Ciampea kabupaten Bogor yang terdiri dari 41 responden. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh disiplin belajar terhadap kemandirian belajar, ditunjukan dengan analisis statistic yang menghasilkan harga koefisien (rxy) sebesar 0,41. Ini menunjukan adanya pengaruh disiplin belajar terhadap kemandirian belajar sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,1681 atau sebesar 16,81%. Hal ini berarti nilai disiplin belajar terhadap kemandirian belajar sebesar 16,81% ditentukan faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antaran disiplin belajar terhadap kemandirian belajar. Hal ini berarti untuk meningkatkan kemandirian belajar harus meningkatkan disiplin belajar.
2021SPGSD0017.C1 | 17 SAN | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain