Skripsi PGSD
Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment terhadap Minat Belajar Siswa : Penelitian Kuasal Pada Kelas IVA dan IVB SDN Kemang 01 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021.
Marina Meiningtias 037116093 Pengaruh Pemberian Reward danPunishment Terhadap Minat Belajar Siswa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan 2021. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Minat Belajar Siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Babakan Madang 02 yang terdiri dari 80 peserta didik kemudian dijadikan sampel sebanyak 40 sampel. Teknik pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas diperoleh ��ℎ���������� = 0,0704. Harga tersebut lebih kecil di bandingkan dengan harga ������������ = 0,140 pada taraf α=0,05, maka dapat disimpulkan bahwa ��0 ��ℎ���������� < ������������ berarti data tersebut normal. Kemudian dilakukan pengujian homogenitas diperoleh ��ℎ���������� sebesar 1,14 dan taraf signifikansi α=0,05 diperoleh ������������ sebesar 4,18 dengan ��ℎ���������� < ������������ berarti data yang digunakan homogen. Data yang dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan terdapat Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Minat Belajar Siswa. Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 48,07+ 0,46X. Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,480. Sedangkan koefisien determinasi sebesar 23,04%. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Minat Belajar Siswa menghasilkan suatu pengaruh yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 48,07 + 0,46X}, yang berarti setiap kenaikan unit minat baca menyebabkan kenaikan Minat Belajar siswa sebesar 0,46 unit. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Minat Belajar Siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Kemang 01 Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2020/2021.
2021SPGSD0018.C1 | 18 MEI | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain