Skripsi PGSD
Hubungan Persepsi Kecerdasan Naturalis dengan Hasil Belajar Kognitif IPA Subtema Tumbuhan dan Hewan dilingkungan Rumahku : Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Korelasi Pada Siswa Kelas IV SDN Sentul 05 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021.
Kamila Nurharjanti 037117109. Hubungan Persespsi Kecerdasan Naturalis dengan Hasil Belajar Kognitif IPA Pada Subtema Tumbuhan dan Hewan Dilingkunganku. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2021. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi kecerdasan naturalis dengan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran ipa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sentul 05 Kabupaten berjumlah 66 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 40 siswa diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas (Liliefors). Setelah dilakukan uji normalitas, dilakukan uji homogenitas (Fisher). Data yang telah dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukkan ada hubungan antara persepsi kecerdasan naturalis dengan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran ipa. Hal ini terlihat dari perhitungan kolerasi yaitu nilai signifikansi regresi dinyatakan signifikan jika Fhitung > Ftabel (0,05). Berdasarkan hasil perhitungan dapat diketahui Fhitung = 5,913 > Ftabel (0,05) = 4,18 dengan dk = n-2. Teknik analisis regresi kolerasi sederhana menghasilkan model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu = 66,41 + (0,15)X, sedangkan koefisien determinasi (besarnya hubungan) kedua variable dengan thitung 17,90 lebih besar dari t tabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 2,042, dan kontribusi berdasarkan hasil belajar kognitif dan kecerdasan naturalis memberikan kontribusi 94,6%. Sedangkan 5,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi kecerdasan naturalis dengan hasil belajar kognitif Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar Sentul 05 Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2020/2021.
2021SPGSD0039.C1 | 39 NUR | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain