Skripsi PGSD
Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam: Pendekatan penelitian eksperimen kuasi desain 2 grup pda peserta didik kelas IVA dan IVB SDN Nagrak 06 thaun ajaran 2020/2021
Lely Nurkholisoh. 037117077. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Pelestarian Kekayaan sumber Daya Alam di Indonesia. Skripsi Program studi pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2021. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Eksperimen Quasi Desain Dua Group. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh hasil belajar pada Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia melalui model Problem Based Learning pada peserta didik kelas IVB dan model pembelajaran konvensional pada peserta didik kelas IVA di Sekolah Dasar Negeri Nagrak 06 Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada nilai rata-rata N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 72,56 dengan ketuntasan hasil belajar 94% sedangkan kelompok kelas kontrol sebesar 59,56 dengan ketuntasan hasil belajar 83%. Selain itu pengujian hipotesis dua arah yang menunjukkan thitung 4,437 > ttabel 1,994 dengan dk 70 dan taraf signifikansi 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia di kelas IV SD Negeri Nagrak 06 Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021.
2021SPGSD0034.C1 | 34 NUR | Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain