Skripsi PGSD
Pengaruh Bimbingan Belajar Orangtua Terhadap Hasil belajar Matematika: (Stuidi kurikulum 2013 ini dengan pendekatan penelitian kuantitatif pada siswa kelas IV SDN Bedahan 1 Kota Depok semester ganjil tahunpelajaran 2020/2021
Duwi Cahyaningsih. 037116154. Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua
Terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Pakuan Bogor, 2020. Penelitian ini dengan desain dan model penelitian
Kuantitatif melalui pendekatan studi kausal. Tujuan dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap
hasil belajar matematika.. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas IV SDN Bedahan 1 Sawangan Depok pada tahun ajaran 2020/2021.
Sampel diambil dari populasi menggunakan teknik proporsional random
sampling. Data yang dikumpulkan adalah hasil dari pengisian instrument
angket tentang bimbingan belajar orang tua, sedangkan data tentang hasil
belajar matematika didapat melalui instrument butir soal. Data yang telah
dikumpulkan selanjutnya dianalisis menggunakan analisis statistik
deskriptif dan analisis regresi. Uji prasyarat analisis regresi adalah uji
normalitas, uji linieritas. Setelah seluruh uji prasyarat terpenuhi, maka
dilakukan uji hipotesis menggunakan anareg sederhana, korelasi product
moment. Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu
model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu
Ŷ = 3,58x+0,57X. Dengan harga thitung sebesar 14,6 lebih besar dari
ttabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 1,79. Berdasarkan hasil penelitian
di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh bimbingan
belajar orang tua terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV di
Sekolah Dasar Negeri Bedahan 1 Kecamatan Sawangan Kota Depok
tahun pelajaran 2020/2021.
2021SPGSD0064 | 64 CAH | Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain