Skripsi PGSD
Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Statistika: Studi kurikulum 2013 dengan pendekatan penelitian eksperimen quasi pada kelas IV SDN Ciparigi semester genap tahun pelajaran 2020/2021
Cintya Desiyanti. 037117082. Pengaruh “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Statistika”. Pendekatan yang diambil adalah eksperimen quasi desain satu grub di Sekolah Dasar Negeri Ciparigi Bogor. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Ciparigi Bogor yang terdiri dari 63 siswa, penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Statistika”. Hal ini terlihat dari nilai N-Gain pada kelompok ekperimen sebesar 68, sedangkan kelompok kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 74. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 94% sedangkan pada kelompok kelas kontrol sebesar 91%. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak ditolak dan Ha diterima karena thitung (10,524654) > ttabel (1999624). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan antara “Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika”. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai pengaruh model pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan hasil belajar.
Kata kunci : Hasil Belajar, Model Problem Based Le
2020SPGSD0020.C1 | 20 DES | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain