Skripsi PGSD
Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Kekayaan Sumber Energi Di Indonesia: Pendekatan Eksperimen Quasi Pada Pesert didik Kelas IV SDN Cipayung 2 KoataDepoksemester genap tahun pelajaran 2020/2021
Zahra Nadidah Kaamilah. 037117027. Penelitian “PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA”. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui apakah terdapat pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar subtema kekayaan sumber energi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan metode penltian quasi dua kelas. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Cipayung 2. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV B dan IV C Sekolah Dasar Negeri Cipayung 2 Kota Depok yang terdiri dari 80 peserta didik, penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar subtema Kekayaan Sumber Energi Di Indonesia. Hal ini terlihat dari nilai N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 74, sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain sebesar 60. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 78% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 68%. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolah dan Ha diterima karena thitung (3,87811) > ttabel (1,99085). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan antara Pengaruh Model Discovery Learning terhadap hasil belajar subtema Kekayaan Sumber Energi Di Indonesia. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penerapan model pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan hasil belajar.
2021SPGSD0093.C1 | 93 KAA | Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain