Skripsi PGSD
Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Kepercayaan Diri Siswa : Penelitian Survey dengan Pendekatan Kausal pada Siswa Kelas V SDN Neglasari 05 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021.
Hilda Ditrah Pebrianti 037117098. Pengaruh Interaksi Sosial terhadap
Kepercayaan Diri Siswa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2021.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Interaksi Sosial terhadap
kepercayaan Diri siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Neglasari 05
Kabupaten Bogor. Populasi dari penelitian ini adalah 73 siswa dengan jumlah
sampel sebanyak 42 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester genap
tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh
interaksi sosial terhadap kepercayaan diri siswa ditunjukkan dengan analisis
statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,410. Ini
menunjukkan adanya pengaruh antara interaksi sosial terhadap kepercayaan
diri siswa, sedangkan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,1681 atau sebesar
16,81%. Sisanya sebanyak 83,19% ditentukan oleh faktor lain. Rata-rata
kepercayaan diri pada siswa sebesar 16,81% ditentukan oleh interaksi sosial
melalui persamaan regresi Ŷ = 34,28 + 0,67X, artinya setiap kenaikan unit
nilai interaksi sosial akan menyebabkan kenaikan kepercayaan diri siswa
sebesar 0,67 unit. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat
pengaruh yang positif antara interaksi sosial terhadap kepercayaan diri siswa
pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Neglasari 05 Kabupaten Bogor
Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021.
2021SPSGSD0094.C1 | 94 FEB | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain