Skripsi PGSD
Analisis Kesulitan Belajar Membaca Pada Siswa Disleksia : Studi Kelas dengan Pendekatan Penelitian Kualitatif Kelas V SDN Cijujung 02 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini menerapkan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan temuan pada kesulitan belajar membaca siswa disleksia di Sekolah Dasar Negeri Cijujung 02 Kabupaten Bogor. tahun pelajaran 2019/2020. Subjek peneliti ini adalah salah satu siswa yang berasal dari Sekolah Dasar Negeri Cijujung 02 Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan pada smester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Prosedur pengumpulan data perekaman data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Peneliti menggunakan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas untuk memperoleh keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar membaca pada siswa disleksia SDN Cijujung 02 membutuhkan proses belajar membaca dengan waktu yang lama agar bisa membaca seperti anak-anak pada umumnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar pada siswa disleksia dapat dipengaruhi oleh faktor internal yaitu kelahiran anak yang premature disertai dengan sakit step yang diderita semasa kecil yang membuat daya tangkapnya menjadi lamban.
Penelitian ini menerapkan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan temuan pada kesulitan belajar membaca siswa disleksia di Sekolah Dasar Negeri Cijujung 02 Kabupaten Bogor. tahun pelajaran 2019/2020. Subjek peneliti ini adalah salah satu siswa yang berasal dari Sekolah Dasar Negeri Cijujung 02 Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan pada smester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Prosedur pengumpulan data perekaman data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Peneliti menggunakan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas untuk memperoleh keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar membaca pada siswa disleksia SDN Cijujung 02 membutuhkan proses belajar membaca dengan waktu yang lama agar bisa membaca seperti anak-anak pada umumnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar pada siswa disleksia dapat dipengaruhi oleh faktor internal yaitu kelahiran anak yang premature disertai dengan sakit step yang diderita semasa kecil yang membuat daya tangkapnya menjadi lamban.
2019SPGSD0219.C1 | 219 SIH | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain