Skripsi PGSD
Pengaruh Kedisiplinan terhadap Kemandirian Belajar Siswa : Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Kausal Pada Kelas V SDN Empang 2 Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021.
Siti Nur Sakinah. 037116195. Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Kemandirian Belajar
Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Pakuan Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
melalui pendekatan kausalitas, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh
kedisiplinan terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian ini dilakukan uji validitas
instrumen variabel kedisiplinan dan kemandirian belajar siswa menggunakan rumus
Product Moment Person dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A, V B dan V C, Sekolah Dasar Negeri Empang
2 Kota Bogor yang dilaksanakan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 yang
berjumlah 104 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 51 siswa, yang diperoleh
menggunakan rumus Taro Yamane. Penelitian Kuantitatif ini dilanjutkan dengan menguji
pada sampel dengan instrumen yang valid dan reliable. Pada hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kedisiplinan terhadap kemandirian belajar siswa,
ditujukan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien relasi sebesar 3,99
yang berarti pengaruh antara variabel rendah. Harga koefisien persamaan regresi
Ŷ=63,08+(0,36X) yang berarti setiap peningkatan satu unit kedisiplinan (X) akan
meningkatkan kemandirian belajar siswa (Y) sebesar 0,36 unit. Kontribusi variabel
kedisiplinan dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa (r2) sebesar 0,15 dengan
koefisien determinasi sebesar 15% dan sisanya 85% dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor
lain seperti lingkungan keluarga maupun lingkungan belajar di sekolah. Berdasarkan hasil
penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif kedisiplinan
terhadap kemandirian belajar siswa. Hal ini berarti bahwa salah satu faktor dalam
meningkatkan kemandirian belajar siswa adalah dengan meningkatkan kedisiplinannya.
2021SPGSD0013 | 13 SAK | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain