Skripsi PGSD
Analisis Penerapan Pembelajaran Online Pada Siswa : Penelitian Kualitatif Melalui Pendekatan Deskriptif Pada Kelas III-A SDN Cilubang 04 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021.
Hastri Nur Ismi. 037116192. Penerapan Pembelajaran Online Pada Siswa.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif
analitik. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2020. Tujuan
dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis mengenai penerapan
pembelajaran online pada siswa kelas III-A di Sekolah Dasar Negeri Cilubang
04 Kabupaten Bogor dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Pelajaran
2020/2021. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III-A yang selalu
mengikuti pembelajaran online berlangsung. Teknik pengumpulan data
penelitian ini dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian
ini menunjukan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran online mengalami
hambatan dan kesulitan dalam pembelajaran online yang sedang diterapkan.
Hambatan dan kesulitan yang dialami ketika pembelajaran online ialah saat
koneksi jaringan internet yang kadang bermasalah atau sulit ketika
mengakses internet menghambat siswa untuk mengikuti pembelajaran online
dan kurangnya pemahaman orang tua siswa dalam pembelajaran online yang
berlangsung serta terdapat beberapa orang tua siswa yang tidak memiliki
handphone jadi menghambat siswa dalam mengikuti pembelajaran online.
Dan konsentrasi siswa yang mudah terganggu ketika mengikuti pembelajaran
online. Konsetrasi siswa terganggu ketika siswa sudah mulai bosan dengan
pembelajaran online dan ingin bermain dengan temannya atau menonton
televisi yang menyiarkan beragam hiburan yang menarik sehingga siswa
cenderung sulit untuk memahami materi pembelajaran, mudah lupa terhadap
pembelajaran dan mendapatkan hasil nilai pembelajaran yang tidak
memuaskan. Ketika siswa mulai bosan dan bermalas-malasan guru dan
orang tua memberikan motivasi agar siswa dapat semangat belajar dan lebih
rajin lagi. Dan ketika siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi
pelajaran yang diberikan guru siswa langsung bertanya dengan guru atau
bertanya kepada orang tua yang membimbing siswa ketika mengikuti
pembelajaran online. Metode pembelajaran atau cara mengajar yang guru
gunakan ketika pembelajaran online dengan mengirimkan materi pelajaran ke
grup whatsapp dengan video pembejalaran yang menarik minat belajar siswa.
Dan guru memberikan tugas atau soal-soal melalui grup whatsapp siswa
selalu mengerjakan dengan tepat waktu sesuai dengan waktu yang guru
tentukan
2021SPGSD0012.C1 | 12 ISM | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain