Skripsi PGSD
Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Disiplin Belajar Siswa : Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Kausal Pada Kelas IV SDN Sukahati 01 Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2020/2021.
Sri Puji Rahayu. 037116106. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap
Disiplin Belajar Siswa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2020.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pola Asuh Orang Tua
terhadap Disiplin belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukahati 01
Kecamatan Citeurep Kabupaten Bogor. Populasi dari penelitian ini adalah
90 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 47 siswa. Penelitian ini dilakukan
pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian
menunjukan bahwa pengaruh pola asuh orang tua terhadap disiplin belajar
siswa ditunjukan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien
korelasi (rxy) sebesar 0,53. Ini menunjukan adanya pengaruh antara pola
asuh orang tua terhadap disiplin belajar siswa, sedangkan koefisien
determinasi (r2) sebesar 0,28 atau sebesar 28%. Sisanya sebanyak 72%
ditentukan oleh faktor lain. Rata-rata disiplin belajar pada siswa sebesar
28% ditentukan oleh pola asuh orang tua melalui persamaan regresi
Ŷ=74,26 + 0,41X, artinya setiap kenaikan unit nilai pola asuh orang tua akan
menyebabkan kenaikan disiplin belajar siswa sebesar 0,41 unit.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang
positif antara Pola Asuh Orang Tua terhadap Disiplin belajar siswa pada
siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukahati 01 Kecamatan Citeurep
Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021.
2021SPGSD0008.C1 | 08 RAH | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain