Skripsi PGSD
Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Subtema Perkembangan Teknologi Transportasi : Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Siswa Kelas III SDN Sindangkarsa 2 Kota Depok Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021.
Dian Eka Sulistyawati. 037117060. Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Perkembangan Teknologi Transportasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen kuasi desain dua grup di Sekolah Dasar Negeri Sindangkarsa 2 Kota Depok. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III-A dan III-B Sekolah Dasar Negeri Sindangkarsa 2 Kota Depok yang terdiri dari 73 siswa, penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini menunjukan nilai N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 72, sedangkan kelompok kelas kontrol sebesar 46. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 84% sedangkan kelompok kelas kontrol sebesar 49%. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (6,67179) > ttabel (1,99394). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan antara “Pengaruh Penerapan Model Discovey Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Perkembangan Teknologi Transportasi”. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penerapan model pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan hasil belajar.
2021SPGSD0122.C1 | 122 SUL | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain