Skripsi PGSD
Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Subtema Manusia Dan Benda Di Lingkungannya: Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Citra Indah Sukamaju Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021
v
ABSTRAK
Mia Mirnawati. 037117167. Pengaruh Penerapan Model Discovery
Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Subtema Manusia dan Benda Di
Lingkungannya”. Pendekatan yang diambil adalah eksperimen kuasi
desain dua grup di Sekolah Dasar Negeri Citra Indah Sukamaju. Subyek
penelitian ini adalah peserta didik kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri
Citra Indah Sukamaju Kabupaten Bogor yang terdiri dari 70 peserta didik.
Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh:Pengaruh
Penerapan Model Discovery Learning terhadap hasil belajar subtema
manusia dan benda di lingkungannya”. Hal ini terlihat dari nilai N-Gain
pada kelompok eksperimen sebesar 83, sedangkan kelompok kelas
control mendapatkan nilai N-Gain sebesar 60. Ketuntasan hasil belajar
yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 94% sedangkan pada
kelompok kelas control sebesar 37%. Serta hasil pengujian hipotesis
bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena thitung, thitung (6,05) > t tabel
(1,9954). Dengan ini dapat disimpulkan penelitian memiliki pengaruh
positif dan signifikan antara “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran
Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Subtema Manusia Dan
Benda Di Lingkungannya”. Hasil penelitian ini diharapkan dapat
memberikan pengetahuan baru mengenai penerapan model
pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan hasil belajar.
Kata kunci : Hasil Belajar, Discovery Learning, Konvensional
2021SPGSD0014.C1 | 14 MIR | Rak PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain