Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Menggunakan Model Inquiry Terbimbing Dengan Problem Based Learning (Pbl).
Penanda Bagikan

Skripsi Biologi

Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Menggunakan Model Inquiry Terbimbing Dengan Problem Based Learning (Pbl).

Wardani, Wisnu/036114100 - Nama Orang;

Wisnu Wardani. 036114100. Analisis Keterampilan Proses Sains Menggunakan Model Inquiry Terbimbing Dengan Problem Based Learning (PBL). Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di Bawah Bimbingan Dra. Teti Rostikawati,M.Si Dan Dra. Susi Sutjihati, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains siswa yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Terbimbing dan Problem Based Learning pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Bayah dengan materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi eksperimen yang dilaksanakan April – Oktober 2019. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Bayah tahun akademik 2019/2020. Sampel penelitian yaitu kelas X mipa - 1 untuk kelas eksperimen 1 yang diberi perlakuan model pembelajaran Inquiry Terbimbing dengan jumlah 27 siswa, dan kelas X MIPA-2 untuk kelas eksperimen II yang diberi perlakuan Problem Based Learning (PBL) dengan jumlah 27 siswa. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t pada taraf signifikansi α = 5 % menunjukan bahwa thitung >ttabel sehingga terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Terbimbing dengan siswa yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Hasil keterampilan proses sains dengan menggunakan model Inquiry Terbimbing lebih tinggi dibandingkan dengan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Hal ini dapat terlihat dari skor N- gain pada kelompok kelas Inquiry Terbimbing sebesar 78,667 sedangkan pada kelompok kelas Problem Based Learning (PBL) 74,556.


Ketersediaan
#
Rak Biologi (RSB) 20 WAR
2021SB0020.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
20 WAR
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2021
Deskripsi Fisik
viii, 291 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
20 WAR a 201
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Problem Based Learning
Inquiry Terbimbing
Keterampilan Proses Sains (KPS)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dra. Teti Rostikawati, M.Si. dan Dra. Susi Sutjihati, M.Si.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?