Skripsi Biologi
Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Menggunakan Model Inquiry Terbimbing Dengan Problem Based Learning (Pbl).
Wisnu Wardani. 036114100. Analisis Keterampilan Proses Sains Menggunakan Model Inquiry Terbimbing Dengan Problem Based Learning (PBL). Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di Bawah Bimbingan Dra. Teti Rostikawati,M.Si Dan Dra. Susi Sutjihati, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains siswa yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Terbimbing dan Problem Based Learning pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Bayah dengan materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi eksperimen yang dilaksanakan April – Oktober 2019. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Bayah tahun akademik 2019/2020. Sampel penelitian yaitu kelas X mipa - 1 untuk kelas eksperimen 1 yang diberi perlakuan model pembelajaran Inquiry Terbimbing dengan jumlah 27 siswa, dan kelas X MIPA-2 untuk kelas eksperimen II yang diberi perlakuan Problem Based Learning (PBL) dengan jumlah 27 siswa. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t pada taraf signifikansi α = 5 % menunjukan bahwa thitung >ttabel sehingga terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Terbimbing dengan siswa yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Hasil keterampilan proses sains dengan menggunakan model Inquiry Terbimbing lebih tinggi dibandingkan dengan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Hal ini dapat terlihat dari skor N- gain pada kelompok kelas Inquiry Terbimbing sebesar 78,667 sedangkan pada kelompok kelas Problem Based Learning (PBL) 74,556.
2021SB0020.C1 | 20 WAR | Rak Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain