Skripsi PGSD
Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman Terhadap Hasil Belajar Siswa: Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Kausal Pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Simagalih 02 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022.
Rizky Wibowo Pambudi. 037117135. Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman Terhadap Hasil Belajar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Pakuan. Bogor. 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal yang terdiri dari kemampuan membaca pemahaman sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Tujuan utama penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari kemampuan membaca pemahaman terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV-A, IV-B, dan IV-C dengan jumlah sampel sebanyak 48 siswa. Pengambilan data penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket untuk variabel kemampuan membaca pemahaman, dan instrumen soal pilihan ganda untuk variabel hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh kemampuan membaca pemahaman terhadap hasil belajar dengan persamaan regresi Ŷ =18,87 + 0,41x. Hal ini berarti bahwa setiap kenaikan satu unit variabel kemampuan membaca pemahaman akan menyebabkan peningkatan pada hasil belajar sebesar 0,41 unit. Kekuatan pengaruh dari kemampuan membaca pemahaman terhadap hasil belajar ditunjukkan dengan koefisien jalur sebesar 0,873. Besarnya konstribusi pengaruh kemampuan membaca pemahaman terhadap hasil belajar ditunjukkan oleh koefisien determinasi sebesar 76,2%, sedangkan sisanya 23,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan antara “Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman Terhadap Hasil Belajar Siswa”.
2021SPGSD0099.C1 | 99 PAM | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain