Skripsi Biologi
Analisis Pertisipasi Menjaga Kerbesihan Lingkungan Melalui Kerdasan Ekologis Pada siswa Sma Negri di Kecamatan Cibinong
Nur Intan Permatasari. 036117016. Analisis Partisipasi Menjaga Kebersihan Lingkungan ditinjau melalui Kecerdasan Ekologis pada Siswa SMA Negeri di Kecamatan Cibinong. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dr. Oding Sunardi, M.Pd dan Lufty Hari Susanto, M.Pd.
Kondisi lingkungan yang bersih merupakan salah satu faktor untuk membentuk kehidupan sehat, namun saat ini lingkungan telah menjadi masalah utama bagi masyarakat global. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai hubungan antara kecerdasan ekologis dengan partisipasi menjaga kebersihan lingkungan dan untuk mengetahui faktor lain yang berhubungan dengan partisipasi menjaga kebersihan lingkungan pada siswa SMA Negeri di Kecamatan Cibinong. Metode yang digunakan adalah Mix Method Sequential Explanatory. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2020-Juli 2021. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Cibinong dan SMA Negeri 3 Cibinong tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 166 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Proporsional random sampling. Data penelitian didapatkan melalui instrumen berupa angket dengan skala peringkat (rating scale). Uji validitas instrumen menggunakan Product moment pearson dan uji reliabilitas menggunakan Alpha cronbach. Hasil pengujian prasyarat analisis menggunakan uji kolmogorov-smirnov test menunjukan bahwa galat baku berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan Levene test menunjukan bahwa distribusi bersifat homogen. Hasil analisis uji korelasi diketahui terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan ekologis dengan partisipasi menjaga kebersihan lingkungan, dengan persamaan regresi Ý = 32,524 + 0,673x. Koefisien korelasi (r) sebesar 0,697, koefisien determinasi (r2) sebesar 0,485 atau 48,5% kecerdasan ekologis berkontribusi terhadap partisipasi menjaga kebersihan lingkungan, sedangkan 51,5% sisanya merupakan kontribusi dari faktor lain yaitu: kesadaran diri, lingkungan (keluarga, teman, sekolah), peraturan, dan media informasi.
2021SB0023.C1 | 23 PER | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain