Skripsi PGSD
Pengaruh Model Problrm Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Benda Tunggal Dan Campuran
Adelia Safira. 037117025. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Benda Tunggal dan Campuran”. Pendekatan yang diambil adalah studi eksperimen quasi desain dua grup di Sekolah Dasar Negeri Cipayung 2. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V-A dan V-B Sekolah Dasar Negeri Cipayung 2 yang terdiri dari 76 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh pada
model Problem Based Learning terhadap hasil belajar subtema benda tunggal dan campuran. Hal ini terlihat dari rerata nilai N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 74, sedangkan kelompok kelas kontrol mendapatkan rerata nilai N-Gain sebesar 55. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok kelas eksperimen sebesar 80%, sedangkan pada kelompok kelas kontrol sebesar 69%. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (6,29) > ttabel (1,99). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan pada Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Benda Tunggal dan Campuran. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penerapan model pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan hasil belajar.
2021SPGSD0123.C1 | 123 SAF | Rak Skripsi Biologi (RSPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain