Skripsi PGSD
Pengaruh Efikasi Dari Terhadap Hasil Belajar Matematika
Fauziah Adni. 037117155. Pengaruh Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar Matematika. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Rarahan Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur. Populasi dari penelitian ini adalah 79 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 79 siswa juga. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif yang cukup tinggi dari efikasi diri terhadap hasil belajar matematika yang ditunjukan dengan persamaan regresi Ŷ= -47,27 +(0,96X). Artinya setiap peningkatan satu unit variabel efikasi diri akan menyebabkan peningkatan hasil belajar matematika sebesar 0,96 unit. Pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar matematika dengan besarnya kontribusi efikasi diri terhadap hasil belajar matematika ditunjukan oleh koefisien determinasi sebesar 0,82 dengan koefisien korelasi sebesar 0,905. Hal ini berarti bahwa peningkatan atau penurunan hasil belajar matematika bisa dipengaruhi oleh tingkat efikasi diri sebesar 82% sedangkan 18% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Jadi terdapat pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Rarahan Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021.
2021SPGSD0119.C1 | 199 ADN | Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain