Skripsi PGSD
Pengaruh Konsep Dari Terhadap Hasil Belajar Matematika
Wahyu Nurtiya Apriyanti 037116012. Pengaruh Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif melalui pendekatan kausal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VA, VB, dan VC Sekolah Dasar Ciriung 02 Cibinong Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 93 dengan jumlah sampel sebanyak 48 responden. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner skala likert untuk variabel konsep diri dan menggunakan soal tes untuk variabel hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara konsep diri dengan hasil belajar matematika. Hal ini berdasarkan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,614 sedangkan koefisien determinasinya sebesar 37,7%. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar matematika sebesar 37,7% ditentukan oleh konsep diri melalui persamaan regresi Ȳ = -12,77 + 0,71 (x). Sisanya ditentukan oleh faktor lain. Diperoleh thitung sebesar 3,28 lebih besar dari ttabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 2,013 yang berarti signifikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara konsep diri terhadap hasil belajar matematika.
2021SPGSD0117.C1 | 117 APR | Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain