Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Literasi dalam Pembelajaran Sejarah
Penanda Bagikan

Mata Kuliah Pengembangan Kepri

Literasi dalam Pembelajaran Sejarah

Hendra Kurniawan - Nama Orang;

Pembelajaran literasi merupakan tahap puncak setelah tahap pembiasaan dan pengembangan dari Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Ketentuannya pembelajaran literasi harus diintegrasikan pada setiap mata pelajaran. Meskipun bukan hal yang asing dilakukan, namun integrasi literasi tetap saja dirasa tidak mudah, termasuk dalam pembelajaran sejarah. Padahal pembelajaran sejarah sejatinya bagaikan kawah literasi: membaca dan menulis, menyimak dan berbicara.

Hadirnya buku ini menjawab berbagai kegelisahan seputar penerapan pembelajaran literasi. Para pembaca diajak untuk mengenal dan mampu menyajikan pembelajaran sejarah yang memanfaatkan literasi secara efektif. Niscaya pembelajaran literasi akan menjadi gerbang masuk menuju pembelajaran abad 21 yang mengintegrasikan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation), serta mendukung Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan pengembangan HOTS (Higher Order Thinking Skill).

Dalam buku ini tersaji pokok-pokok teori dan tuntunan praktis bagi para mahasiswa calon sarjana pendidikan, calon guru profesional yang tengah menempuh program Pendidikan Profesi Guru (PPG), maupun guru dalam menyajikan pembelajaran sejarah yang berbasis literasi. Mulai dari menentukan strategi literasi, memilih model dan metode, sumber dan media, menyusun instrumen penilaian, hingga mengembangkan rencana pembelajaran. Maka buku ini juga memuat langkah-langkah praktis penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berbasis literasi beserta contohnya.


Ketersediaan
#
Rak Indonesia (RI) 371.3 HEN
2022I00044.C2
Tersedia
#
Rak Indonesia (RI) 371.3 HEN
2022I00044.C1
Tersedia
#
Rak Indonesia (RI) 371.3 HEN
2022I00044.C3
Tersedia
#
Rak Indonesia (RI) 371.3 HEN
2022I00044.C4
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
371.3 HEN
Penerbit
Yogyakarta : Gava Media., 2018
Deskripsi Fisik
xiv, 211 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978 602 5568 42 8
Klasifikasi
371.3 HEN l
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Konsep Silabus dan RPP
Pengembangan RPP Sejarah
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?