Skripsi PGSD
Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Kelipatan Persekututan Terkecil (KPK) : Studi Kurikulum 2013 Dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasai Pada Peserta Didik Kelas IV-B Dan IV-B Sekplah Dasar Negeri Cimanggu Kecil Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022
Awanda Mutiara Nurkarimah 037117122. “Pengaruh Model Problem
Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi
Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK)”. Pendekatan yang diambil adalah
pendekatan kuantitatif eksperimen kuasi dengan desain dua grup di
Sekolah Dasar Negeri Cimanggu Kecil Kota Bogor. Subyek penelitian ini
adalah kelas IV-A dan kelas IV-B Sekolah Dasar Negeri Cimanggu Kecil
Kota Bogor yang terdiri dari 60 peserta didik, dengan peserta didik kelas
IV-A berjumlah 30 peserta didik dan kelas IV-B berjumlah 30 peserta didik.
Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat “Pengaruh
Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika
Materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK)”. Hal tersebut terlihat nilai N-
Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 57, sedangkan kelompok
kelas kontrol mendapatkan nilai N-Gain 49. Ketuntasan hasil belajar kelas
eksperimen menggunakan Model Problem Based Learning sebesar 60 %,
sedangkan pada kelompok kelas kontrol menggunakan model
Konvensional sebesar 33 %. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0
ditolak dan Ha diterima karena thitung > ttabel (8, 77770) > (2,00172). Dengan
ini dapat disimpulkan bahwa penelitian tersebut memiliki pengaruh positif
dan signifikan antara “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap
Hasil Belajar Matematika Materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK)”.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru,
meningkatkan keterampilan mengenai penerapan model pembelajaran
yang baik, kreatif, serta inovatif dalam meningkatkan hasil belajar.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning.
2022SPGSD0004.C1 | 4 NUR | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain