Skripsi Biologi
Hubungan Persepsi Siswa Tentang Pembelajaran Quantum Dengan Kemampuan Memecahkan Masalah Biologi : Penelitian Kolerasional di SMA Quantum Indonesia Cibubur DAn SMA Plus PGRI Cibinong
stiqomah Nur Hidayah. 036112072. Hubungan antara Persepsi Siswa tentang
Pembelajaran Quantum dengan Kemampuan Memecahakan Masalah
Biologi. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah bimbingan Dr. Nandang
Hidayat M.Pd., dan Drs. Eka Suhardi, M.Si.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasi yang terdiri dari 2 variabel
yaitu persepsi siswa tentang pembelajaran quantum sebagai variabel bebas (X) dan
kemampuan memecahkan masalah biologi sebagai variabel terikat (Y) yang
bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara persepsi siswa tentang
pembelajaran quantum dengan kemampuan memecahkan masalah biologi pada
siswa kelas XI. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari-September 2016 di
SMA Plus PGRI Cibinong dan SMA Quantum Indonesia Cibubur, dengan populasi
siswa kelas XI SMA Plus PGRI Cibinong dan SMA Quantum Indonesia Cibubur
tahun akademik 2016/2017. Sampel penelitan berjumlah 203 siswa dihitung dengan
menggunakan rumus Slovin dengan teknik pengambilan sampel Simple Random
Sampling. Data penelitian diperoleh menggunakan instrument tes berupa butir soal
essay untuk variabel (X) dan butir instrument non tes berupa angket untuk variabel
(Y) yang telah diuji validitasnya menggunakan expert judgment dan product
moment person. Dan telah diuji reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha
Cronbach. Nilai korelasi diuji dengan uji-t dengan nilai thitung > ttabel = 9,5 > 1,97
dengan taraf signifikan α = 0,05. Persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 31,722
+ 0,332x. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan
bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi siswa
tentang pembelajaran quantum dengan kemampuan memecahkan masalah biologi.
2022SB0002.C1 | 2 HID | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain