Skripsi Indonesia
Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Teks Eksposisi Kelas X SMA Negeri Cibarusah
Mohamad Fauzan: Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Teks Eksposisi Kelas X SMA Negeri 1
Cibarusah. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2020.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan pegangan dasar seorang guru
dalam mengajar di dalam kelas untuk lebih terarah dan efektif. Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran dapat dibuat dan dikembangkan secara eksplisit oleh
guru sebagai pedoman untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Melalui Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran, guru dapat mengetahui dan menyesuaikan metode atau model
pembelajaran yang akan digunakan terhadap suatu materi yang dipelajari. Model
pembelajaran adalah salah satu komponen yang terdapat dalam Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran. Model pembelajaran merupakan penunjang yang
sangat penting bagi guru dalam menghidupkan suasana pembelajaran di dalam
kelas agar lebih menarik dan efektif. Pada tulisan ini, peneliti akan menganalisis
model pembelajaran discovery learning dalam Rencana Pelakasanaan
Pembelajaran teks eksposisi kelas X SMA Negeri 1 Cibarusah. Analisis ini
dilakukan untuk mengetahui kesesuaian langkah-langkah pembelajaran model
pembelajaran discovery learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran teks
eksposisi kelas X SMA Negeri 1 Cibarusah. Penelitian dilakukan pada empat kali
pertemuan yang terdapat pada dua Rencana Pelaksanaan Pembelajaran tersebut.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode
penelitian kualitatif menggunakan teknik triangulasi (gabungan) untuk
mengumpulkan sebuah data. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan
dengan membaca pada bagian yang dijadikan fokus dan subfokus penelitian.
Bagian data yang dijadikan fokus dan subfokus tersebut adalah langkah-langkah
model pembelajaran discovery learning. Keabsahan data analisis temuan
dilakukan oleh triangulator yang berjumlah tiga orang. Tujuan dari penelitian ini,
peneliti dapat mendeskripsikan kesesuaian langkah-langkah model pembelajaran
discovery learning. Hasil yang didapatkan dan telah dicek keabsahannya melalui
tiga triangulator bahwa analisis langkah-langkah model pembelajaran discovery
learning yang terdapat pada dua Rencana Pelaksanaan Pembelajaran telah sesuai.
Terdapat 104 data yang telah didapatkan oleh peneliti. Walau langkah-langkah
model pembelajaran discovery learning pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
telah sesuai namun Kompetensi Dasar belum semuanya tercapai.
Kata kunci: Model discovery learning, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, teks
eksposisi, kualitatif, dan triangulator.
2020SI0032 | 52 FAU | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain