Skripsi Indonesia
Analisis Langkah-Langkah Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Teks Cerita Inspiratif Kelas IX SMP Di Kabupaten Bogor Utara
Putri Nurengga Budiastuti: Analisis Langkah-Langkah Model Pembelajaran
Discovery Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Teks Cerita
Inspiratif Kelas IX SMP di Kabupaten Bogor Utara, Program Studi
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor, 2021.
Penelitian ini memiliki fokus penelitian pada kesesuaian langkah-langkah sintaks
model pembelajaran discovery learning pembelajaran dalam rencana pelaksanaan
pembelajaran teks cerita inspiratif kelas IX SMP di Kabupaten Bogor Utara.
Kemudian penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kesesuaian langkah-
langkah sintaks model pembelajaran discovery learning pembelajaran dalam
rencana pelaksanaan pembelajaran teks cerita inspiratif kelas IX SMP di Kabupaten
Bogor Utara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang
digunakan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan secara rinci langkah-
langkah model pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan
pembelajaran teks cerita inspiratif kelas IX SMP di Kabupaten Bogor Utara.
Sumber data penelitian, yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran pada materi
pembelajaran teks cerita inspiratif di SMP Negeri 3 Gunungsindur, SMP Negeri 2
Rumpin, SMP Negeri 1 Ciseeng, dan SMP Islam Al-Ghozali. Jenis rencana
pelaksanaan pembelajaran yang dipilih, yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran
dengan model discovery learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan
penelitian ini adalah studi pustaka. Triangulasi dilakukan untuk mengecek
keabsahan data dalam penelitian.
Model pembelajaran discovery learning memiliki enam langkah-langkah
pembelajaran, yaitu stimulasi atau pemberian rangsangan, pernyataan masalah atau
identifikasi masalah, pengumpulan data, pemrosesan data atau pengolahan data,
verifikasi atau pembuktian, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data
menunjukkan bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran teks cerita inspiratif di
SMP Negeri 3 Gunungsindur, SMP Negeri 2 Rumpin, SMP Negeri 1 Ciseeng, dan
SMP Islam Al-Ghozali sudah sesuai dengan keenam langkah-langkah model
pembelajaran discovery learning.
2021SI0035.C1 | 35 BUD | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain