Skripsi Indonesia
Analisis Struktur Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA Indocement
Marhamah Ida Nafisa: Analisis Struktur Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA
Indocement. Program Strudi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor 2021.
Teks merupakan satuan bahasa yang digunakan untuk mengungkapkan atau
menggambarkan suatu fenomena sosial dengan struktur berpikir yang lengkap. Namun,
berdasarkan sumber data berupa teks negosiasi siswa kelas X SMA Indocement masih
banyak ditemukan kesalahan dalam penulisan sebuah teks negosiasi. Siswa sering kali
tidak memperhatikan struktur dari teks yang mereka buat sehingga teks tersebut tidak
tersusun secara runtut sesuai dengan ketentuan strukturnya. Sedangkan dalam mata
pelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013 kelas X terdapat materi pembelajaran teks
negosiasi dengan salah satu kompetensi dasar merancang teks negosiasi dengan
memperhatikan struktur baik secara lisan maupun tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan penggunaan struktur teks dalam teks negosiasi siswa kelas X SMA
Indocement. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini berupa teknik studi pustaka yang
mengacu pada teori-teori para ahli. Data penelitian yang digunakan berupa kutipan
percakapan yang mengandung bagian dari struktur teks negosiasi kemudian dianalisis dan
dideskripsikan. Hasil analisis struktur teks pada teks negosiasi siswa kelas X SMA
Indocement ditemukan 265 data kutipan percakapan di antaranya: 23 kutipan struktur teks
orientasi, 78 kutipan struktur teks pengajuan, 78 struktur teks penawaran, 78 kutipan
struktur teks penawaran, dan 8 kutipan struktur teks penutup. Hasil penelitian ini dapat
dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam pembelajaran teks negosiasi siswa kelas X.
Kata kunci: Struktur Teks Negosiasi, Siswa Kelas X SMA Indocement.
2021SI0036.c1 | 36 NAF | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain