Skripsi PGSD
Analisis Interaksi Sosial Anak Tunarungu : Studi Kasus dengan Penelitian Kualitatif pada Siswa Kelas IV A Sekolah Dasar Semeru 06 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021.
Sukma Wati, 037116020, Analisis Interaksi Sosial Anak Tunarungu.
Skripsi Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pengetahuan Universitas Pakuan Bogor, 2021. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis interaksi sosial anak tunarungu. Bertempat
disekolah SD Semeru 06 Kota bogor dilaksanakan pada semester genap
tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif studi kasus. subjek dalam skripsi ini adalah seorang siswa
tunarungu. Teknik pengumpulan data dalam menyusun penelitian ini
adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen berupa
pedoman wawancara. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian, dan
penarikan kesimpulan. hasil penelitian berdasarkan hasil analisis data
dapat disimpulkan bahwa anak tunarungu berinteraksi sosial dengan
cukup baik, walaupun masih ada hambatan dalam pembendaharaan kata
di sekolah, dengan guru, guru pendamping, orang tua, dan anak reguler
lainnya. Pada saat berinteraksi anak tunarungu hanya mengandalkan
membaca gerak bibir dan juga pemahaman dengan maksud lawan
bicaranya dapat dicerna dengan cukup baik.
Kata Kunci: Interaksi Sosial, Tunarungu
2022SPGSD0005.C1 | 5 WAT | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain