Mata Kuliah Pengembangan Kepri
Tujuan pendidikan: Esensi dan Aspek-aspek Filosofis
Buku ini mengungkapkan gagasan filsafat pendidikan Alfred North Whitehead, yang dibatasi pada lima hal, yaitu: (1) hakikat peserta didik dan guru, (2) tujuan pendidikan, (3) kurikulum, (4) tahap-tahap ritmis pendidikan, dan (5) kebebasan dan kedisiplinan dalam pendidikan. Penulis memandang peserta didik dan guru sebagai sosok dinamis. Guru berfungsi untuk merangsang dan membimbing pertumbuhan diri anak dalam belajar. Menurutnya, tujuan pendidikan adalah diraihnya pengetahuan dan kebijaksanaan. Kebijaksanaan dimaaksudkan peserta didik mampu menguasai baik bidang sains maupun bidang nilai, dan mampu memanfaatkannya dalam kehidupan nyata. Maka, kurikulum yang digunakan harus mampu mencakup kedua wilayah tersebut.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain