Mata Kuliah Pengembangan Kepri
Belajar dan Pembelajaran
Mata kuliah Belajar dan Pembelajaran merupakan salah satu mata kuliah yang diberikan bagi mahasiswa Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Mata kuliah Belajar dan Pembelajaran ini merupakan prasyarat dari mata kuliah Strategi Belajar dan Mengajar (SBM) juga prasyarat dari mata kuliah Pengajaran Mikro (Micro Teaching). Penyusunan Buku Belajar dan Pembelajaran ini disesuaikan dengan kurikulum KKNI yang berlaku saat ini. Atas pertimbangan tersebut dalam penyusunan buku ini, penulis berusaha agar isi dan susunannya memudahkan bagi mahasiswa untuk mempelajarinya. Materi yang dibahas dalam buku ini sesuai dengan beban SKS wajib kurikulum KKNI yaitu 3 SKS dalam satu semester. Namun demikian, buku ini tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa LPTK, tetapi juga bagi para guru yang ingin memperdalam pengetahuan pedagogiknya, kepala sekolah, supervisor, orangtua siswa, dan para pemerhati pendidikan agar proses belajar dan mengajar menjadi lebih baik dan terarah.
Materi dari buku ajar ini terdiri dari delapan bab, yaitu Bab 1 Pengertian, Hakikat, dan Ciri-ciri Belajar terdiri dari lima subbab, yaitu Pendahuluan, Definisi Belajar, Ciri-ciri Belajar, Rangkuman, dan Latihan Soal. Bab 2 Pilar-pilar Belajar Menurut UNESCO terdiri dari enam subbab yaitu: Pendahuluan, Pendidikan dan UNESCO, Empat Pilar Belajar Menurut UNESCO, Reorientasi Kurikulum Sekolah dan Kaitannya dengan Pilar Belajar UNESCO, Rangkuman, dan Latihan Soal. Bab 3 Hakikat Hasil Belajar terdiri dari enam subbab, yaitu Pendahuluan, Pengertian Hasil Belajar, Jenis-jenis Hasil Belajar, Faktor-faktor yang Memengaruhi Hasil Belajar, Rangkuman, dan Latihan Soal. Bab 4 Teori-teori Belajar terdiri dari sembilan subbab, yaitu Pendahuluan, Teori Belajar Ilmu Jiwa Daya, Teori Belajar Behaviorisme (dari Pavlov, Thorndike, dan Skinner), Teori Belajar Kognitif (dari Piaget dan Bruner), Teori Belajar Konstruktivisme (dari Lev S. Vygotsky), Teori Pemrosesan Informasi (dari Robert Mills Gagne), Teori Belajar Sosial (dari Albert Bandura), Rangkuman, dan Latihan Soal. Bab 5 Hakikat Pembelajaran terdiri dari enam subbab, yaitu Pendahuluan, Pengertian Pembelajaran, Unsur-unsur Pembelajaran, Ciri-ciri dan Prinsip-prinsip Pembelajaran, Rangkuman, dan Latihan Soal. Bab 6 Model Pembelajaran terdiri dari tujuh subbab, yaitu Pendahuluan, Pengertian istilah-istilah yang digunakan dalam Pembelajaran, Model Pembelajaran pada Umumnya, Model Pembelajaran Pilihan untuk diterapkan di Sekolah Menengah, Pemilihan Model Pembelajaran yang Efektif, Rangkuman, dan Latihan Soal. Bab 7 Pendekatan dan Metode Pembelajaran terdiri dari lima subbab, yaitu Pendahuluan, Pendekatan Pembelajaran (Heuristik dan Ekspositorik), Hakikat Metode Pembelajaran, Rangkuman, dan Latihan Soal. Bab 8 Rencana dan Pelaksanaan Pembelajaran terdiri dari tujuh subbab, yaitu Pendahuluan, Unsur-unsur Rencana Pembelajaran, Komponen dan Langkah-langkah Pembelajaran, Penilaian Proses dan Hasil Belajar, Pengawasan Proses Pembelajaran, Rangkuman, dan Latihan Soal.
Pada setiap bab, penulis mencatumkan pendahuluan yang berisi deskripsi singkat materi pada bab bersangkutan, dan pada akhir setiap bab dicantumkan rangkuman dan latihan soal untuk memantapkan pemahaman pembaca tentang materi terkait.
2022MPK00072.C1 | 371.1 NIN | Rak MPK (RMPK) | Tersedia |
2022MPK00072.C2 | 371.1 NIN | Rak MPK (RMPK) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain