Skripsi PGSD
Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Sikap Kepahlawanan : Studi Kurikulum 2013 dengan Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 2 Grup pada Peserta Didik Kelas IVA dan IVB SDN Puspanegara 03 Kabupaten Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2021/2022.
Annisa Indah Permatasari. 037117149. Pengaruh Model Discovery
Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Sikap Kepahlawanan. Penelitian
ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen
quasi desain dua grup. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh
penggunaan model discovery learning terhadap hasil belajar subtema sikap
kepahlawanan. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A dan IV
B Sekolah Dasar Negeri Puspanegara 03 Kabupaten Bogor yang terdiri dari
59 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa pilihan ganda sebanyak
26 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh
Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema
Sikap Kepahlawanan. Hal ini dapat dilihat dari N-Gain pada kelompok kelas
eksperimen sebesar (74) yang termasuk kriteria tinggi, sedangkan pada
kelompok kelas kontrol mendapat nilai N-Gain sebesar (55) yang termasuk
kriteria sedang. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok kelas
eksperimen sebesar (87%), sedangkan pada kelompok kelas kontrol
sebesar (62%). Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha
diterima karena thitung (4,570603) > ttabel (2,002465). Berdasarkan hasil
penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery
learning memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar
subtema sikap kepahlawanan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri
Puspanegara 03 Kabupaten Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran
2021/2022. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan
baru mengenai penerapan model pembelajaran discovery learning yan
2022SPGSD0007.C1 | 7 PER | Rak Skripsi PGSD (RPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain